Agnes Andriana atau akrab disapa Agnes, adalah mahasiswi Unika Atma Jaya angkatan 2015 Program Studi Bimbingan Konseling. Saat ini Agnes adalah mahasiswi dengan prestasi akademik terbaik, yaitu dengan IPK 3,94.

IPK yang diraih oleh Agnes tidak selalu stabil, karena IPS yang diraih dari satu semester ke semester berikutnya mengalami naik turun.

Alasan Agnes memilih Program Studi Bimbingan Konseling adalah karena termotivasi dari cara mengajar seorang guru Bimbingan Konseling di sekolahnya terdahulu, dan Unika Atma Jaya adalah tempat yang tepat untuk mengambil jurusan tersebut, karena menurutnya, Unika Atma Jaya memiliki mutu pendidikan yang sudah terpercaya kualitasnya dikalangan masyarakat.

Selain mengikuti kegiatan perkuliahan, Agnes juga aktif dalam kegiatan organisasi yaitu menjadi pengurus di BEM FPB serta bergabung dengan Tim Informasi Unika Atma Jaya. Diluar kampus, ia aktif juga dalam pelayanan di gereja.

IPK yang telah diraih sampai saat ini tidaklah mudah. Agnes menceritakan bahwa ia selalu berusaha menggunakan waktu luangnya untuk membaca kembali materi kuliah yang sudah diberikan serta menambah referensi materinya dari buku yang ada diperpustakaan. “Biasanya jika sudah mendekati UTS dan UAS, saya meringkas dan mencetak ulang materinya, dan berdiskusi dengan teman-teman untuk membahas materi yang tidak dipahami,” ujar Agnes.

Selain itu, Agnes juga mengutarakan suka dan duka yang dialami untuk meraih IPK tertingginya saat ini. “Untuk sukanya, saya mempunyai teman-teman dan para dosen yang ramah, bersahabat, dan mendukung saya, sehingga proses perkuliahan menjadi nyaman dan menyenangkan. Dan untuk dukanya adalah ketika kurang lihai dalam mengatur waktu yang dimiliki, antara kegiatan perkuliahan dan kegiatan organisasi, sehingga seringkali menimbulkan rasa khawatir,” jelas Agnes.

Sudah meraih IPK setinggi saat ini, tidak membuat Agnes puas diri. Masih ada sejumlah impian yang ingin diraih oleh Agnes, yaitu mengikuti program pertukaran pelajar serta ingin mengikuti kompetisi dibidang Bimbingan Konseling pada tingkat Nasional. Dan setelah lulus nanti, ia ingin berkarir disekolah sebagai guru Bimbingan Konseling dan mengimplementasikan ilmu yang sudah didapat selama kuliah.

Ia berharap bahwa Program Studi Bimbingan Konseling semakin diminati oleh para siswa/ i SMA, sehingga semakin banyak pelajar yang bergabung dalam Program Studi ini. Selain itu, Agnes mengharapkan agar para dosen dapat memberikan model pembelajaran yang beragam sehingga semakin mudah untuk dipahami. Khusus untuk mahasiswa, ia berharap para mahasiswa selalu bangga dan mencintai bidang yang ditekuni saat ini dan mengembangkan ilmu serta soft skillyang dimiliki. (IO)

sumber:https://atmajaya.ac.id/web/Konten.aspx?gid=highlight&cid=Agnes-Andriana-Hadapilah-Kesulitanmu-dan-Jangan-Menyerah